Langsung ke konten utama

Normalisasi Data Base I (TICKETING)

Nama : Angga Tian Pambudi

Nim    : 161021450122


Normalisasi adalah suatu teknik untuk meng-organisasikan data ke dalam table-tabel untuk memenuhi kebutuhan pemakai di dalam suatu organisasi. Data diuraikan dalam bentuk table, selanjutnya dianalisis berdasarkan persyaratan tertentu ke beberapa tingkat.

Normalisasi juga bertujuan :
·         Untuk menghilangkan kerangkapan data agar lebih ringkas.
·         Untuk mengurangi kompleksitas.
·         Untuk mempermudah pemodifikasi data.

Kasus
Berikut Terdapat Contoh struck pemesanan/pembelian Tiket dari salah Satu Transportasi di Indonesia yang akan coba kita normalisasi sekaligus penjelasan mengenai Tahapannya.


Tahapan Normalisasi
Dalam Studi kasus ini terdapat beberapa tahapan yang diantaranya sebagi berikut
  •      Un-Normalized

Dari tahapan ini sebenarnya kita hanya dituntut untuk lebih detail terdapan pengamatan atau analisa data, karena kunci dari normalisai ini terdapat dalam pengamatan kita yang kemudian  mempermudah dalam  proses berikutnya
  • ·        Normalisasi Form 1 (1NF)

Dari sebuah pengamatan dan analisis data kemudian diuraikan dalam sebuah bentuk table berdasarkan persyaratan tertentu ke beberapa pengelompokan seperti apa adanya.



  • ·        Normalisasi Form 2 (2NF)

Apabila memenuhi persyaratan, maka table tersebut perlu dipecah menjadi beberapa table yang lebih sederhana dalam pengelompokannya.
  • Pembuatan Table Booking




Hasil


  • Pembuatan Table Customer



Hasil


  • pembuatan table Transaksi


Hasil



  •  Normalisasi Form 3 (3NF)

Tahapan Ini adalah tahapan dimana dari pemecahan table memberikan sebuah kunci (primary key) yang akan disibolkan (*) disetiap Tabelnya. Primary key adalah field kunci/ utama dari suatu table yang menunjukan bahwa field yang di kunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama.


 Dalam Tahapan Ini tidak boleh ada memiliki filed yang bergantung transitif, harus terkunci pada primary key atu pada kunci utama.

Relasi



Daftar Keterangan Field:

- ID Booking (Table Booking)
- No. Transaksi (Table Transaksi)
- Tanggal Order (Table Booking)
- Nama (Table Customer)
- Alamat (Table Customer)
- Tujuan (Table Customer)
- Kode Armada (Table Transaksi)
- Harga (Table Transaksi)
- Qty (Table Transaksi)
- Total: [Harga]*[Qty]





Hasil Relasi Sebagai Berikut:



Demikian Tahapan Normalisasi dengan Mrs. Access kurang lebihnya saya mohon maaf dan Terimakasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Program Aplikasi Sederhana di Netbeans

Judul Aplikasi: Tiket Bus Malam "PEGASUS TRANS"   Nama  : Angga Tian Pambudi NIM     : 161021450122   A. Deskripsi Aplikasi. Aplikasi ini di buat untuk memudahkan operator dalam melayani penjualan tiket bus “ PEGASUS Trans”, aplikasi ini dibuat lantaran di Indonesia sebagian besar penjualan tiket khususnya bus masih dengan sistem manual (tulis tangan), menurut saya itu sangat kurang efektif karna kerap menimbulkan kesalahan dalam penulisan baik dalam penulisan nomer kode Bus atau jumlah biaya. Dalam penggunaannya aplikasi ini hanya membutuhkan beberapa data dari customer Misalnya Nama, jurusan perjalanan dan banyak tiket yang dipesan untuk kode bus dan harga per orangnya itu akan di proses secara otomatis oleh aplikasi langsung, dan satu lagi aplikasi ini sangat simple dan mudah di oprasikan. Demikian deskripsi dari aplikasi yang saya buat, terimakasih. B. Flowchart C.Tampilan Aplikas Disini saya memakai beberapa komponent misalnya, Label, combo box, te

Aplikasi Pemesanan Tiket Berbasis Android

Membuat aplikasi tiketing sederhana di Android aplikasi ini irancang untuk mempermudah dalam melakukan pemesanan tiket yang akan dibeli seperti pemesanan tiket bus, kereta dll untuk itu mari kita ikuti langkah-langkah berikut: 1. Pertama Klik New-New Projek seperti gambar di bawah ini.  2. pilih design yang diinginkan.  3. klik finish 4. design seperti gambar berikut.. berikut coding xmlnya.. <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <android.support.constraint.ConstraintLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"     xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto"     xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"     android:layout_width="wrap_content"     android:layout_height="wrap_content"     tools:context=".MainActivity">     <EditText         android:id="@+id/nama"         android:layout_width=&